Kamis, 17 Desember 2009

PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIYAH 1431 (1 MUHARRAM) DESA GIRIPURNO DIPERINGATI DENGAN ARAK-ARAKAN KELILING DESA GIRIPURNO

Telecenter 17 Desember 2009, tahun baru hijriyah adalah acara tahunan masyarakat islam atau yang sering disebut dengan Muharram atau syuroan. Bulan syuro adalah bulan keramat yaitu bulan yang penuh dengan kemistikan, dan di bulan syuro biasanya banyak orang-orang yang mencari ilmu dengan cara bertapa di gunung atau di tempat-tempat sepi. Lain halnya dengan di desa Giripurno kec. Bumiaji kota Batu, memperingati tahun baru hijriyah atau 1 Muharram dengan cara mengadakan arak-arakan atau iring-iringan kesenian drum band dll.

Grup drum band didatangkan dari Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda, kemudian pawai tulisan dan kata-kata bijak, yaitu dari Taman Baca Al-Qur’an Nurul Huda, TK Thoriqul Huda dan
wali murid para peserta. Acara ini bertujuan untuk memperingati tahun baru hijriyah dan meningkatkan ukhuwah islamiyyah di Indonesia dan khususnya di desa Giripurno kota Batu.

Rute perjalanan arak-arakan dimulai dari sebelah barat MI Thoriqul Huda Giripurno dan melewati depan telecenter kartini mandiri, kemudian sebelum pemberangkatan arak-arakan ada prosesi pengguntingan pita oleh ketua Tanfidzdiyah desa Giripurno yaitu Bpk. K.H. Zainal Abidin, antusias para peserta sangat besar dan sangat bersemangat mengikuti acara tersebut. “Dengan diselenggarakan acara ini, semoga iman dan ketakwaan para masyarakat dan khususnya para pelajar di desa Giripurno meningkat”, kata panitia. Acara ini akan diselenggarakan secara rutin per-tahun dan supaya masyarakat tidak lupa akan kebudayaan islam. Abdy/TC/17/12/09.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar